Mozilla Tarik Sementara Iklan di Facebook

Mozila Mau Berhenti Pasang Iklan Dengan Facebook

Majalah Dunia- Mozila,” Skandal penyalahgunaan dan kebocoran 50 juta data pengguna Facebook berbuntut panjang. Mozilla jadi perusahaan besar pertama yang menyatakan diri akan mulai menarik iklan dari platform media sosial tersebut.

Dalam postingan di blog perusahaan, Mozilla mengonfirmasi kabar tersebut. Skandal Cambridge Analytica jadi alasan Mozilla membuat keputusan untuk setop beriklan di Facebook.

“Skandal Cambridge Analytica membuat kami menelaah lebih dalam peraturan privasi default Facebook,”

BACA JUGA : Mark Zuckerberg” Otoritas Inggris Geledah Kantor Cambridge Analytica

“Meski begitu kami percaya masiha da banyak hal untuk dipelajari, kami menemukan hal mengkhawatirkan seperti akses terbuka ke banyak data – khususnya yang berkenaan dengan pengaturan aplikasi ke pihak ketiga.”

Namun begitu, Mozilla nampaknya tidak sendiri. Sejumlah perusahaan yang beriklan di Facebook juga menyatakan tengah mempertimbangkan untuk menghentikan beriklan di platform tersebut.

BACA JUGA : Facebook Telah Di Heboh Kan Dengan Tulisan BFF

Incorporated Society of British Advertisers (ISBA) di Inggris telah meminta pertanggungjawaban Facebook atas penyalahgunaan data penggunanya. ISBA juga dikabarkan meminta waktu untuk bertemu langsung dengan Mark Zuckerberg untuk meminta penjelasan dan mempertimbangkan langkah seperti yang ditempuh Mozilla.

“Ketika kami bertemu dengan Facebook nanti, kami ingin memahami ruang lingkup penyelidikan yang telah diungkapkan Zuck kemarin,” ungkap direktur jenderal ISBA Phil Smith.

ISBA sendiri merupakan badan perdagangan yang berbasis di Inggris yang mewakili lebih dari 3.00 merek, termasuk P&G dan Unilever. Mereka tengah mempertimbangkan rencana untuk menarik ratusan juta dolar uang iklan yang mengalir ke Facebook.

Facebook Membantah Tuduhan Sengaja Simpan Data Telepon dan SMS

Facebook menolak dituduh telah menyimpan data telepon dan teks pengguna tanpa izin. Menurut pernyataan resmi Facebook, pilihan untuk menyimpan data telepon dan SMS ini dilakukan Facebook hanya jika pengguna telah menyepakati hal tersebut.

“Anda mungkin telah melihat beberapa laporan bahwa Facebook telah menyimpan data telepon dan SMS tanpa izin. Kenyataannya tak seperti itu,” tulis pernyataan di blog Facebook itu.

“Pengguna harus menyatakan persetujuannya (agar Facebook bisa mengaktifkan)menggunakan fitur ini. Kapansaja, pengguna yang tak ingin menggunakan fitur ini lagi bisa mematikannya dengan di setting, atau disini untuk pengguna Facebook Lite, dan semua data telepon dan teks yang dibagikan di aplikasi akan dihapus.”

zvr
Your Reaction

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: