Mengapa Langit Berwarna Biru? Secara Fisika, Ini Alasannya

Mengapa Langit Berwarna Biru ?? Begini Penjelasannya

Berita Terkini ~ Mengapa Langit Bisa Berwarna Biru ? Mungkin pertanyaan ini terkesan sepele dan bahkan banyak orang mengatakan ini adalah pertanyaan bodoh. Orang-orang dewasa mungkin akan menjawab, ‘ya memang begitu’ atau ‘hanya Tuhan yang tahu’, tanpa pernah memikirkan dengan serius mengapa langit itu biru.

Padahal ada penjelasan ilmiahnya lho. Langit bisa berwarna biru karena molekul oksigen dan nitrogen di atmosfer bumi lebih banyak menyebarkan gelombang biru (panjang gelombang pendek) daripada gelombang merah (panjang gelombang panjang).

Sinar matahari mampu membiaskan cahaya hingga timbul berbagai warna. Kita bisa melihat warna langit yang berbeda-beda, mulai dari merah, oranye, hingga violet atau sering dikenal dengan sebutan mejikuhibiniu. Hal ini bisa terjadi karena cahaya biru telah tersebar keluar dan menjauh dari analisis pandangan mata kita.

BACA JUGA : Kura-Kura Ini Punya Rambut Dan Bernapasnya Lewat Dubur

Lalu mengapa atmosfer bisa menyebarkan cahaya? Secara ilmu Fisika, itu karena medan elektromagnetik dari gelombang cahaya menginduksi momen dipol listrik dalam molekul gas. Agak rumit memang memahaminya, namun itulah ilmunya.

BACA JUGA : Lebih Kaya Dari Manusia, Empat Hewan Ini Berstatus Miliarder

Di dalam mata kita terdapat reseptor warna yang mampu menerjemahkan warna hijau, biru dan merah. Ketika menganalisis warna di langit, reseptor biru mengalami stimulasi lebih tinggi dibanding dua warna lainnya. Dengan kata lain, mata kita jauh lebih mudah menerima warna biru dibanding warna lain saat melihat langit.

Jadi, itulah mengapa langit berwarna biru. Bisa jadi itu adalah keterbatasan mata kita yang hanya bisa mengidentifikasi langit sebagai warna biru, karena mata bereaksi seperti itu. Nah, sekarang kamu jadi tahu alasan dari pertanyaan sederhana di atas kan ??

Daftar disini !!!

zvr
Your Reaction

Mungkin Anda Menyukai

%d blogger menyukai ini: