Desain Baru Mobilio Tiru Desain Xpander

Berita Terbaru –  Honda Prospect Motor (HPM) akan kembali menembus pasar low multi purpose vehicle (MPV) dengan desain yang segar. Tim pengembangan Honda kini tengah bekerja keras menyelesaikan desain baru untuk Honda Mobilio.

Honda RnD Asia Pacific Tsutomu Harano menjelaskan, model Mobilio nanti akan berubah total demi meninggalkan karakternya sebagai low MPV menjadi city car.

Harano menilai karakter yang ada pada Mobilio sekarang sudah kurang cocok bagi masyarakat Indonesia.

“Jadi saya balik tanya, untuk low MPV seperti Mobilio yang agak rendah dan sporty desain. Apa bakal disukai sama konsumen? Dan komentar konsumen memang lama-lama berubah arah (terhadap Mobilio),” ucap Harano di Bali, Rabu (17/10).

Harano yang juga menjadi kepala dari tim RnD generasi kedua Brio itu berpendapat saat ini masyarakat di dalam negeri lebih menyukai low MPV bergaya sport utility vehicle (SUV). Pendapatnya itu dia pantau setelah Mitsubishi Xpander lahir pada tahun lalu.

Sebagai pendatang baru, Xpander menawarkan hal lain dari model-model kawakan low MPV macam Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, termasuk Mobilio. Meski masuk kategori low MPV, Xpander kental unsur SUV.

Xpander punya dimensi tinggi 1.700 mm dengan ground clearance 205 mm. Ukuran itu lebih jangkung dari Avanza setinggi 1.695 mm dengan ground clearance 200 mm serta Mobilio dengan tinggi 1.603 mm dan ground clearance 189 mm.

“(Karakter sekarang) karena pada saat pembuatannya level Mobilio hanya Avanza, atau Suzuki APV. Nah setelah itu malah ada Ertiga dan tiba-tiba Xpander masuk,” kata Harano. BOLA88

Berdasarkan perkembangan kompetisi Harano menyebut Mobilio pada masa depan bakal tampil beda, jadi berkarakter SUV.

“Mungkin, karena kami itu pembuat mobil. Jadi ya kami harus membuat yang menyenangkan semua konsumen kami,” ungkap dia.
Meski sudah membuat soal latar belakang desain Mobilio terbaru, Harano masih menutup rapat informasi sejauh mana pengembangannya sudah dilakukan. Dia mengatakan tidak mau berkomentar lebih jauh soal hal tersebut.

“Masih rahasia. Jadi memang seperti Brio series ini kan kami sudah baru. Dan kami sudah rencanakan agar Mobilio ikut di-update juga,” kata Harano.

Mobilio pertama kali menjulur di Indonesia pada 2014 dan baru mengalami penyegaran pada awal 2017 lalu. Untuk kelas Low MPV Mobilio masuk ke urutan ke lima dalam penjualan atau masih di bawah Xpander, Avanza, Ertiga, dan Daihatsu Xenia.

Penjualan Mobilio berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selama semester satu 2018 berjumlah 11.718 unit atau paling rendah di antara pesaingnya. Sedangkan Xpander laku 39.948 unit, Avanza 39.455 unit, Ertiga 18.030 unit, serta Xenia 15.164 unit.

slideshow_468x90

 

 

zvr
Your Reaction

Mungkin Anda Menyukai

%d blogger menyukai ini: