Gempa 5,6 SR Goyangkan Bitung, Manado dan Minahasa Utara

majalahdunia.com –  Gempa bumi berkekuatan 5,6 SR goyangkan wilayah Bitung, Sulawesi Utara.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membenarkan gempa 5,6 skala richter (SR) yang terjadi sekitar pukul 11.34 WIB, Sabtu (13/10) tidak berpotensi tsunami.

“Gempa tidak berpotensi tsunami,” ucap Sutopo.

Gempa berada di 1.36 lintang utara dan 125.46 bujur timur, tepatnya di 38 kilometer tenggara Bitung, Sulawesi Utara dengan kedalaman 97 kilometer.

Gempa dirasakan selama lima detik oleh warga Bitung, akan tetapi tidak menimbulkan kecemasan warga. Hingga berita ini dilaporkan belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan dampak gempa. vivobetting

Sementara itu, Kepala Kepala Seksi Data dan Informasi Sta. Geof. Kelas I Winangun-Manado, Edward Henry Mengko memberitahukan bahwa gempa tersebut juga dirasakan hingga Manado dan Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Sejumlah warga Manado yang tengah di rumah merasa terkejut dengan gempa tersebut, dan langsung keluar rumah. Alfien Manoppo, warga Tuminting yang kaget dan membawa cucunya keluar rumah mengaku khawatir gempa besar seperti di Palu.

“Saya kaget dan langsung membawa cucu berdiri di lokasi aman, takut kalau ada apa-apa, soalnya masih khawatir sebab gempa besar di Palu, Sigi dan Donggala,” ucapnya.

Walaupun begitu, dia merasa lega sebab tidak ada gempa susulan seperti yang dikhawatirkan sebelumnya dan tak perlu mengungsi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Max Tatahede, meminta agar seluruh penduduk Manado untuk tetap tenang karena gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Tetap tenang tetapi selalu waspada, dan kami minta jangan menyebarkan informasi bohong supaya tidak membuat warga panik,” katanya.

 

Daftar disini !!!

Mungkin Anda Menyukai