Simak Perbedaan Kepulangan Rizieq dan Novel ke Tanah Air; Mulai dari Penyambutan Hingga Keluarga

Majalah Dunia- Dua tokoh di Indonesia, Rizieq Shihab dan Novel Baswedan beberapa hari ini ramai dibicarakan akan kembali ke tanah air.

Rizieq adalah imam besar Front Pembela Islam (FPI) yang memilih tinggal di Arab Saudi karena tersangkut kasus hukum, sementar Novel adalah penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi yang terpaksa berobat di Singapura.

Novel berobat lantaran 10 bulan lalu, matanya disiram oleh orang tak dikenal usai salat subuh di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Pemberitaan jelang kepulangan Rizieq dan Novel menyedot perhatian media massa. Apalagi, kedua tokoh itu memiliki tempat tersendiri di masyarakat.

Berikut adalah rangkuman Majalah Dunia terkait persiapan yang dilakukan.

Rizieq Shihab.

1. Bentuk Panitia
Kepulangan Rizieq Shihab sebelumnya sempat digaungkan beberapa kali. Namun karena beberapa alasan Rizieq tidak kembali.

Untuk menyambutnya, Persaudaraan Alumni 212 telah membuat panita Bahkan digelar tablig akbar di Masjid Baital Amal, Cengkareng, Jakarta Barat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada pukul 19.30 WIB, kemarin malam.

2 Massa berdatangan ke Bandara Soekarno-Hatta
Ketua Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif mengungkapkan, massa penjemput Rizieq Shihab akan dipusatkan di Masjid Baitul Amal, jalan Menceng, Cengkareng, Jakarta Barat.

Informasi yang didapat olehnya, sebagian besar hotel di sekitar Bandara Soekarno-Hatta sudah penuh disewa Umat Islam yang akan menjemput Rizieq.

Selain itu, spanduk ajakan menjemput Habib Rizieq di Bandara Soekarno-Hatta mulai terlihat di sejumlah wilayah Jakarta.

Tertera tulisan, ‘Panitia Penjemputan Imam Besar Umat Islam Indonesia Muhammad Rizieq Shihab. Di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta 21 Februari 2018’.

4 Jika Rizieq ditangkap polisi, pendukung tidak akan tinggal diam.
Slamet Marif meminta agar kepulangan Rizieq Shihab tak perlu diganggu oleh pemerintah, bahkan oleh aparat kepolisian.

Apalagi sampai melakukan penangkapan karena Habib Rizieq dituduh terkait kasus dugaan pornografi.

Menurut Maarif, apabila Rizieq langsung diamankan pihak kepolisian pada tanggal 21 Februari saat kepulangannya, maka pihaknya dan pendukungnya tak akan tinggal diam.

5 Rizieq batal pulang
Slamet Maarif, membeberkan alasan Habib Rizieq tidak jadi pulang, Satu alasannya di antaranya ingin menjalankan wasiat dari gurunya di Arab Saudi yang berpesan untuk tidak pulang ke Indonesia sebelum mendapatkan isyarat dan petunjuk.

Petunjuk dan isyarat itu, yang menurut Rizieq dalam rekamannya belum terlihat hingga saat ini.

Sekretaris Panitia Penyambutan Imam Besar (PPIB) Habib Rizieq Shihab, Hari Damai Lubis, ‎menjelaskan Rizieq batal pulang karena belum dapat petunjuk Allah melalui Istikharah yang sebanyak tiga kali.

Damai menuturkan Rizieq tak mau memaksakan kembali ke Tanah Air karena tak mau ada bentrokan yang terjadi di Indonesia.

Novel Baswedan

1. Tidak ada panita penyambutan Novel Baswedan.
Novel diperkirakan akan tiba besok siang di Indonesia dari Singapura, Selama ini belum ada persiapan yang menyedot perhatian dari masyarakat.

RT 03/RW 10, Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, tempat tinggal Novel bahkan meminta agar Novel disambut biasa saja.

“Persiapan penyambutan khusus nggak ada. Makanya besok sewajarnya saja nyambutnya,” kata bendahara keuangan RT 03, Wisnu Broto, saat ditemui.

Wisnu juga menyarankan warga untuk tidak terlalu antusias menyambut bekas perwira Polri itu, Hal itu disebabkan, kondisi kesehatan mata Novel Baswedan belum sepenuhnya sembuh.

“Iya pokoknya jangan terlalu heboh, Mata Pak Novel kan belum sembuh total Warga sini biasanya kalau nyambut dia sampai cipika cipiki. Besok sewajarnya saja, takut kalau bersentuhan kan bisa menyebar virusnya,” kata dia.

2. Anak Novel Baswedan tetap sekolah
Dua anak Novel, Zahra (6) dan Asha (9), tidak menunjukkan reaksi yang berlebihan menjelang kepulangan ayah mereka ke tanah air setelah 10 bulan menjalani pengobatan mata di Singapura akibat disiram air keras.

Hal itu diungkapkan Salimah, asisten rumah tangga (ART) di kediaman Novel Baswedan, Jalan Deposito RT 03/RW 10, Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Wanita yang sudah enam tahun menjadi ART Novel Baswedan juga mengatakan, dua putri Novel Baswedan tidak akan bolos sekolah Kamis (22/2/2018) besok untuk menyambut kepulangan ayahnya yang direncanakan pukul 11.00 WIB.

“Biasa saja, lagian juga nggak ikut mereka Nggak bolos, mereka mah tetap sekolah,” kata Salimah.

Novel Baswedan sendiri dikaruniai lima buah hati. Empat di antaranya perempuan, seorang lainnya laki-laki.

3 Novel dijemput pimpinan KPK
Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Febri Diansyah mengungkapkan pimpinan KPK akan menjemput Novel di Bandara Soekarno-Hatta besok.

Sementara pegawai KPK akan menyambut Novel di gedung KPK di Kuningan, Jakarta Selatan.

banner-panjang-vivo7bet

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan