Seperti Inilah Penjara Khusus di El Salvador, Tempat Bagi Para Anggota Geng Jalanan Dihukum

1517368745_penjara-di-el-salvador.jpg

Penjara. Mendengar namanya saja sudah membuat bulu kuduk kita berdiri.

Ya, kita semua tahu bahwa penjara adalah tempat di mana orang-orang dikurung dan merupakan bagian dari sistem pengadilan kriminal suatu negara.

Diketahui tujuan penjara adalah untuk menghukum seseorang yang melakukan tindakan kriminal agar ia tidak mengulanginya lagi.

Tapi penjara yang satu ini sungguh membuat kita tidak akan berani melakukan kejahatan,ada sebuah penjara di El Salvador yang bentuknya sungguh mengerikan.

 

Dilaporkan ukuran penjara ini hanya setinggi 4,5 meter dan lebar 3,5 meter, sama seperti ukuran kandang ternak. Namun dihuni oleh lebih dari 30 orang.

Disebutkan penjara tersebut hanya dirancang selama 72 jam saja.

Sebagian besar tahanan yang berada di dalam penjara ini adalah mantan anggota geng jalanan Mara Salvatrucha (MS-13) dan Barrio 18, dua geng yang membuat gencatan senjata pada tahun 2012 sampai 2013.

1517368631_penjara-di-el-salvador

Ketika reporter VICE berhasil mendapatkan akses untuk melihat penjara ini pada tahun 2013, mereka sungguh kasihan terhadap para tahanan. Sebab, beberapa tahanan sering mengalami masalah kesehatan dan bahkan tidak cukup makan.

Mereka tentu berharap bahwa keadaan tahanan membaik, tapi Kementerian Keamanan dan Keadilan tidak bisa berbuat banyak karena kesalahan mereka sangat banyak.

1517368670_penjara-di-el-salvador.jpg

Diperkirakan 50.000 orang El Salvador termasuk dalam geng jalanan tersebut dan membuat warga ketakutan dan meninggalkan negara kecil Amerika Tengah ini.

Lalu tercatat ada 6 juta orang terbunuh dan membuat negara ini menjadi salah satu negara tingkat dengan pembunuhan tertinggi di dunia, di belakang Honduras.

Tidak hanya membunuh, mereka juga melakukan penculikan, pemerasan, atau penjualan obat-obatan terlarang.

1517368697_penjara-di-el-salvador.jpg

“Dua geng jalanan ini memegang semua kartu dan mereka sudah beroperasi bertahun-tahun,” kata Max Manwaring, seorang profesor di Institut Studi Strategis dari Akademi Perang Angkatan Darat AS di Carlisle, Pennsylvania.

“Jadi, penjara tersebut sebenarnya ‘telah menjadi sekolah pascasarjana’ untuk anggota geng.”

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan